Longsor di Seloharjo, BPBD Kabupaten Bantul Rencanakan Pembangketan

Berita 0

Longsor di Seloharjo, BPBD Kabupaten Bantul Rencanakan PembangketanBantul – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul rencanakan pembangketan tebing, akibat longsor yang terjadi di Dusun Dermo Jurang, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul. Kejadian longsor sendiri terjadi pada pertengahan bulan Februari 2014, namun karena volume tanah yang cukup banyak, hingga saat ini warga belum sanggup untuk membersihkannya. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun aliran sungai tertutup timbunan tanah.

Untuk mengantisipasi potensi longsor dimusim penghujan 2014, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul didampingi Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik, perwakilan staf Desa Seloharjo dan Kepala Dusun Dermo Jurang meninjau secara langsung lokasi terjadinya longsor, Sabtu (09/08/2014).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul, Drs. Dwi Daryanto, MSi, menjelaskan, “Pemkab Bantul, dalam hal ini BPBD dan Dinas PU, akan berkoordinasi terkait kejadian longsor ini, selanjutnya akan dilakukan normalisasi aliran sungai yang tertimbun longsoran dan untuk membantu warga dalam bekerja bakti, akan disiapkan alat berat, selanjutnya akan dibuat bangket sepanjang 50 meter untuk mengantisipasi terjadinya longsor”, jelasnya.

Kepala Dusun Dermo Jurang, Suryanto, menyampaikan, “warga khawatir terjadinya banjir dan longsor susulan, saat ini aliran sungai tertutup material tanah akibat longsor, jika tidak dilakukan pembersihan, warga khawatir air sungai mencari jalannya sendiri, dan melebar ke wilayah warga, di Dusun Dermo Jurang sendiri ada 156 kepala keluarga, namun yang paling dekat dampaknya adalah warga di Rt 01,” jelasnya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply