Longsor di Imogiri, Bupati Bantul Lakukan Tinjauan

Berita 0

Longsor di Imogiri, Bupati Bantul Lakukan TinjauanBantul – Bupati Bantul meninjau lokasi amblesnya tanah di pedukuhan Giriloyo, Desa Wukirsari, Imogiri, Sabtu (24/01/2015). Dalam tinjauan ini Bupati Bantul didampingi Sekretaris Daerah, Asisten Bupati, Camat Imogiri, BPBD dan perangkat desa Wukirsari.

Amblesnya tanah warga di Giriloyo ini terpantau sejak seminggu yang lalu, dan berdasarkan laporan yang diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), puncak amblesnya tanah terjadi pada hari Jum’at (23/01/2015).

Dalam arahannya, Bupati Bantul Hj. Sri Surya Widati, meminta warga untuk meningkatkan kewaspadaan akan bahaya tanah longsor, bagi warga yang berada pada daerah rawan, sementara waktu untuk tinggal ditempat yang lebih aman terlebih dahulu,

Bupati Bantul menambahkan, terkait longsor ini, nanti akan dikirim tim ahli untuk melakukan penelitian diwilayah ini, selain itu kami minta kepada perangkat desa Wukirsari dan kecamatan Imogiri, untuk berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bantul,  dalam penanganan amblesnya tanah di Giriloyo ini, jelasnya.

“kita kan sudah ada BPBD, yang memiliki tugas dalam penanggulangan bencana”, tambahnya.

Pada kesempatan yang berbeda, Prof. Sarwidi dari Universitas Islam Indonesia, menjelaskan, secara umum setiap tanah melakukan gerakan, hanya saja gerakannya berbeda-beda tergantung jenis tanahnya. Warga hendaknya mengerti tanda-tanda datangnya tanah longsor, seperti munculnya air dari sela-sela bebatuan dan juga amblesnya tanah, terlebih pada musim penghujan, jelasnya.(Aka)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply