Hak dan Tata Cara Pengajuan Keberatan Informasi Publik

Hak Pemohon Informasi Publik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul adalah sebagai berikut:

  1. Setiap orang berhak memperoleh informasi Publik sesuai dengan ketentuan Undang-Undang;
  2. Setiap orang berhak :
    a) Melihat dan mengetahui informasi publik;
    b) Menghadiri pertemuan publik yang terbuka untuk umum untuk memperoleh informasi publik;
    c) Mendapatkan salinan informasi publik melalui permohonan sesuai dengan Undang-Undang No 14 Tahun 2008
    d) Menyebarlusakan informasi publik sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
  3. Setiap Pemohon Informasi Publik berhak mengajukan permintaan Informasi Publik disertai alasan permintaan tersebut
  4. Setiap Pemohon Informasi Publik berhak mengajukan gugatan ke pengadilan apabila dalam memperoleh Informasi Publik mendapat hambatan atau kegagalan sesuai dengan ketentuan Undang-Undang No. 14/2008.

 

Tata Cara Pengajuan Keberatan Informasi Publik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul adalah sebagai berikut:

  1. Pemohon informasi publik mengajukan keberatan secara tertulis kepada atasan PPID Pembantu BPBD dalam jangka waktu paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja setelah diketemukan alasan;

  2. Atasan PPID Pembantu BPBD harus memberikan tanggapan atas pengajuan keberatan tersebut paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja sejak diterimanya keberatan secara tertulis. Apabila Atasan PPID Pembantu menguatkan putusan yang ditetapkan bawahannya maka alasan tertulis disertakan bersama tanggapan tersebut;

  3. Jika pengaju keberatan puas atas putusan Atasan PPID Pembantu, maka sengketa keberatan selesai;

  4. Jika pengaju keberatan informasi publik tidak puas atas tanggapan Atasan PPID Pembantu, maka penyelesaian sengketa informasi publik dapat diajukan kepada Komisi Informasi Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta

PELAYANAN PPID BBPD Kabupaten Bantul: 

Email : bpbd@bantulkab.go.id
Telp./ Fax : 0274 646 2100
Telephone : 0274 368 222