BPBD Kab. Bantul: Yogyakarta Diguyur Hujan Lebat, Waspadai Luapan Sungai dan Pohon Tumbang

bpbd.bantulkab.go.id – Kondisi hujan deras yang melanda seluruh kawasan Yogyakarta selama berhari-hari ini wajib untuk diwaspadai. Hujan deras ini berpotensi membuat sungai meluap dan pohon-pohon tumbang. Sebut saja peristiwa yang belum lama terjadi, peristiwa kegiatan pramuka susur Sungai Sempor yang menewaskan beberapa murid didik dari SMP 1 Turi dan peristiwa ambruknya atap Malioboro Mall akibat hujan deras.

Dalam peristiwa susur sungai yang terjadi pada hari Jumat (21/02), tentu saja pembina pramuka sudah dihimbau oleh beberapa warga yang mengingatkan tentang derasnya arus Sungai Sempor, namun diabaikan. Akibatnya sejumlah besar siswi hanyut dan 10 orang tewas. Kemudian peristiwa ambruknya atap Malioboro Mall pada Senin (24/02) telah viral dimedia sosial. Tidak terdapat korban jiwa, namun peristiwa tersebut cukup membuat pengunjung ketakutan karena atap bocor membuat air hujan masuk ke dalam Mall.

Dalam hal ini, BPBD Kab. Bantul telah bersiap diri bersama instansi terkait serta selalu menghimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam beraktifitas diluar rumah. Hindari beraktifitas didekat pohon-pohon, sungai, dan beberapa tempat yang berpotensi terjadi bencana. (Sekar)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan