Bupati Bantul Resmikan SD IT Ar-Raihan Sebagai Sekolah Siaga Bencana

Berita 0

Bupati Bantul Resmikan SD IT Ar-Raihan Sebagai Sekolah Siaga BencanaBantul – Bupati Bantul Hj. Sri Surya Widati meresmikan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT ) Ar Raihan sebagai Sekolah Siaga Bencana (SSB), Rabu (18/3/2015). Pembentukan SSB ini merupakan program kerjasama antara BPBD DIY, BPBD Kabupaten Bantul dan Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul.

Bupati Bantul Hj. Sri Surya Widati menyampaikan, pengetahuan dan ketrampilan dalam menghadapi bencana perlu disiapkan, Bantul merupakan daerah rawan bencana, beberapa jenis ancaman ada di Bantul, seperti gempa, tsunami, longsor dan banjir. Seluruh masyarakat harus siap siaga, bukan hanya orang tua saja, namun anak-anak juga perlu disiapkan dalam menghadapi bencana yang sewaktu-waktu bisa datang. Khusus untuk anak-anak sekolah, selain mental dan ketrampilan dalam menghadapi bencana, modul pembelajaran juga perlu disiapkan, jelasnya.

Kepala Pelaksana BPBD DIY, Ir. Gatot Saptadi menjelaskan, kegiatan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) disekolah, harus terintegrasi dengan kurikulum dan kegiatan-kegiatan di sekolah, kegiatan PRB dapat dimasukkan dalam kegiatan ekstrakurikuler. PRB bukan menjadi tanggung jawab satu pihak saja, namun pengurangan risiko bencana merupakan tugas dan tanggungjawab bersama.

Kegiatan pendampingan SSB di SDIT Ar Raihan yang beralamat di Sumberbatikan, Trirenggo, Bantul sudah berjalan selama 2 tahun. Setiap tahapan, melibatkan siswa dan guru. Adapun kegiatan yang dilaksanakan meliputi sosialisasi prb, bimbingan teknis prb, pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), penyusunan rencana kontinjensi serta gladi, sebagai stimulan SSB, juga diberikan peralatan ppgd, dapur umum, tenda, pemasangan rambu jalur evakuasi dan buku-buku modul pengetahuan kebencanaan, jelasnya.

Dalam acara peresmian SSB tersebut juga ditampilkan simulasi penanganan dalam menghadapi bencana yang dilakukan oleh siswa-siswa dan Guru SDIT Ar Raihan. (Aka/dok. foto Fakih)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan