Diklat Mitigasi Bencana pada Hizbul Wathan se-Kabupaten Bantul

bpbd.bantulkab.go.id – Untuk meningkatkan kemampuan menghadapi ancaman bencana, pada Hari Kamis (12/9/2019) BPBD Bantul memberikan materi mengenai Mitigasi Bencana dalam acara Diklat Kepanduan Hizbul Wathan di Gedung Dakwah Muhammadiyah Bantul. Acara Diklat ini diikuti oleh 81 peserta dari SMP-SMA/SMK Muhammadiyah se-Kabupaten Bantul.

Mitigasi merupakan upaya pengurangan risiko bencana sesuai dengan PP No 21 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana. Penyampaian mitigasi bencana kali ini untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menghadapi bencana, mengurangi dampak yang ditimbulkan, dan dapat sebagai dasar untuk perencanaan pembangunan.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Mitigasi bencana terbagi menjadi beberapa, antara lain : Mitigasi Tsunami, Mitigasi Banjir, Mitigasi Tanah Longsor, dan lain-lain. Untuk itu perlunya kerjasama antara instansi terkait dengan masyarakat setempat guna meminimalkan dampak yang timbul dari bencana alam yang terjadi. (Sekar/ Foto Rofi)

author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan