Hujan Deras Disertai Angin, Belasan Pohon di Bantul Tumbang

Berita 0

Hujan Deras Disertai Angin, Belasan Pohon di Bantul TumbangBantul – Hujan deras yang disertai angin (27/12/2014) mengakibatkan belasan pohon diwilayah kabupaten Bantul tumbang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul mencatat setidaknya ada 19 pohon tumbang, satu jembatan rusak, dan 10 kejadian tanah longsor, beruntung kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

Pohon tumbang terjadi di wilayah Kecamatan Pundong, Kecamatan Sewon, Kecamatan Sedayu, Kecamatan Jetis, Kecamatan Pleret, Kecamatan Pandak dan Kecamatan Imogiri. Pohon tumbang sedikitnya menimpa 14 rumah warga dan beberapa melintang dijalan sehingga mengganggu arus lalu lintas.

Sementara kejadian tanah longsor terjadi diwilayah kecamatan Imogiri, Kecamatan Pajangan dan Kecamatan Dlingo. Sedangkan jembatan yang mengalami kerusakan akibat erosi terjadi di Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul Drs. Dwi Daryanto, M.Si menjelaskan, hujan dengan intensitas tinggi dan dalam waktu yang lama, apalagi disertai dengan angin kencang, dapat mengakibatkan pohon tumbang, selain itu potensi ancaman lainnya adalah tanah longsor. BPBD telah melakukan kajian terkait dengan ancaman longsor, dan ini terbukti kejadian longsor yang terjadi, berada pada wilayah rawan, jelasnya.

Untuk mengurangi dampak yang sama, BPBD Kabupaten Bantul menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan, sebagai contoh untuk mencegah terjadinya pohon tumbang, pohon yang sudah rimbun untuk dilakukan pemangkasan. Dan untuk masyarakat yang berada didaerah rawan longsor agar mewaspadai curah hujan yang tinggi dan pergerakan tanah. (aka/dok. foto BPBD)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan