Lahan di Pundong Terbakar Akibat Kelalaian Warga

bpbd.bantulkab.go.id – Terjadi kembali kebakaran lahan memasuki musim kemarau di bulan Juli ini. Kali ini kebakaran terjadi di Bukit Becari, Seloharjo, Pundong, Bantul pada hari Senin (27/07) sekitar pukul 09.00 WIB. Peristiwa ini terjadi akibat kelalaian salah seorang warga yang berusaha membersihkan dedaunan kering dilahan itu dengan cara membakarnya. Namun sayang, angin kencang yang berhembus membuat api menjalar ke sekitar. Warga yang tidak sanggup untuk memadamkan api itu segera menghubungi BPBD Bantul untuk meminta bantuan memadamkan api.

Tim Damkar BPBD Kab. Bantul perlu mengeluarkan tenaga ekstra dalam peristiwa ini, karena tim Damkar BPBD Kab. Bantul harus  naik gunung dan melakukan pemadaman secara manual. Tim Damkar BPBD Kab. Bantul juga harus berpacu dengan angin yang berhembus kencang sehingga membuat api cukup sulit untuk dipadamkan.

Perlunya masyarakat untuk tetap memperhatikan langkah-langkah dalam membersihkan lahan. Salah satunya adalah jika membakar sampah kering harap tetap memantau hingga sampah kering tersebut sudah tidak mengeluarkan api. Masyarakat juga dapat berpartisipasi dalam upaya pemadaman dengan berkoordinasi terlebih dahulu dengan petugas pemadam. (Sekar/ foto Pusdalops)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan