Merangkak Berlindung dan Berpegangan, Cara Selamat Saat Gempa

Berita 1

Merangkak Berlindung dan Berpegangan, Cara Selamat Saat GempaBantul – Sekolah Dasar Negeri 1 Trirenggo, Bantul, melaksanakan sosialisasi dan simulasi menghadapi gempa bumi, Rabu (29/4/2015). Dalam kegiatan ini, SDN 1 Trirenggo bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul sebagai narasumber terkait penanggulangan bencana.

Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Trirenggo Istiani Nurhasanah, S.Pd menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh 245 siswa serta 25 guru dan karyawan, dengan adanya pelatihan ini, harapannya nanti adalah, setiap warga sekolah mengetahui tentang ancaman bencana dan apa yg harus dilakukan ketika bencana itu terjadi, jelasnya.

Salah satu cara selamat saat gempa bumi terjadi adalah dengan merangkak, berlindung dan berpegangan. Namun demikian, kondisi ini haruslah didukung dengan struktur bangunan sekolah yang memenuhi persyaratan keselamatan, kesehatan, kemudahan termasuk kelayakan bagi anak berkebutuhan khusus.

Penanggulangan Bencana merupakan tanggung jawab bersama, Sekolah Aman adalah komunitas pembelajar yang berkomitmen akan budaya aman dan sehat, sadar akan risiko, memiliki rencana yang matang dan mapan sebelum, saat, dan sesudah bencana, dan selalu siap untuk merespons pada saat darurat dan bencana.(Aka/foto Heri)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

One Response

  1. author

    Bencana Alam14 April 2016 at 11.41Reply

    Semoga seluruh warga Kabupaten Bantul makin tangguh dan siaga dalam menghadapi bencana gempa bumi . Semoga makin banyak program-program sesiapsiagaan dari BPBD untuk menguatkan kapasitas mereka.

    Salam Siaga,
    http://www.ibnurusydy.com

Tinggalkan Balasan