SMK N 1 Pundong Dikukuhkan Sebagai SSB Mandiri Pertama di Bantul

Berita 0

SMK N 1 Pundong Dikukuhkan Sebagai SSB Mandiri Pertama di Bantulbpbd.bantulkab.go.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul mengukuhkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pundong sebagai Sekolah Siaga Bencana (SSB) Mandiri pertama di Kabupaten Bantul. Gelar “SSB Mandiri” berhak disandang SMK Negeri 1 Pundong, karena atas inisiatif sendiri melaksanakan serangkaian kegiatan pelatihan hingga simulasi penanganan bencana.

Dra. Elly Karyani Sulistyawati Kepala SMK Negeri 1 Pundong menjelaskan, simulasi bencana yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. Siswa merupakan pemuda yang perlu bersahabat dengan bencana, harus mandiri berpikir jernih, serta harus tahu bagaimana meyelamatkan diri sendiri dan menyelamatkan orang lain. Pembelajaran dari kegiatan ini, siswa diajarkan untuk dapat mengadapi kehidupan nyata, dimana potensi ancaman bencana berada disekitar kita, tentu kami berharap siswa dapat berbagi pengetahuan kepada keluarganya masing-masing, jelasnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul Drs. Dwi Daryanto, M.Si, “atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul, kami sangat mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh SMK N 1 Pundong, dimana telah melaksanakan kegiatan secara mandiri, dan ini merupakan sejarah pertama, biasanya dalam pembentukan SSB diawali dengan pendampingan dari pihak tertentu, namun kali ini atas inisiatif sendiri.

Pundong Bantul merupakan salah satu daerah yang mengalami kerusakan cukup parah saat gempa 27 mei 2006, sehingga dengan pembelajaran dan pengalaman tersebut perlu mewujudkan sekolah ramah dan aman terhadap bencana. Latihan perlu dilakukan secara rutin, sehingga siswa memiliki kapasitas dalam menghadapi ancaman bencana, jelasnya.

Kegiatan Simulasi Gempa Bumi diikuti oleh seluruh warga sekolah, Guru, Murid dan Karyawan SMK Negeri 1 Pundong, Rabu (28/10/2015), bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Dimana disimulasikan, terjadi gempa yang cukup besar, bangunan runtuh, beberapa siswa dan guru menjadi korban serta ditambah terjadi kebakaran pada bengkel las SMK. (Aka/foto Fakih)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan