Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan Pos Pantau Siaga Darurat Bencana Banjir, Tanah Longsor dan Angin Kencang 2019-2020

bpbd.bantulkab.go.id  –  Seperti yang kita tahu, ancaman bencana yang terjadi di Indonesia antara lain seperti banjir, tanah longsor, tsunami, meletusnya gunung berapi dan gempa bumi. Dengan perkiraan cuaca dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika), hujan akan turun pada bulan Desember, walapun beberapa wilayah sudah mengalami turunnya hujan pada akhir-akhir ini. Hujan yang turun pada bulan Desember diperkirakan dalam intensitas tinggi. Oleh karena itu, Selasa (12/10/2019) BPBD Kab. Bantul menyelenggarakan Rapat Koordinasi  Persiapan Penyelenggaraan Pos Pantau Siaga Darurat Bencana Banjir, Longsor dan Angin Kencang 2019-2020 dengan melibatkan sejumlah Kepala Desa dan Ketua FBRB dari 20 desa. Rapat ini juga membahas evaluasi penanggulangan bencana banjir, tanah longsor, dan angin kencang yang terjadi tahun 2018-2019, dimana berdasarkan analisis risiko bencana yang dilakukan oleh BPBD Kab. Bantul, awal tahun 2019 merupakan salah satu banjir besar yang pernah terjadi selama beberapa tahun kebelakang. Dampak yang ditimbulkan antara lain meninggalnya korban jiwa serta menimbulkan kerusakan dan kerugian terhadap aset, baik milik pribadi, pemerintah, dan aset usaha.

BPBD Kab. Bantul dalam hal ini bertugas untuk mengkoordinir serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan seluruh upaya penanggulangan bencana banjir yang terjadi di wilayah Kab. Bantul. Dengan adanya koordinasi penanggulangan bencana dengan pihak-pihak terkait terlebih dahulu, diharapkan hal-hal yang tidak diperkirakan pada tahun lalu dapat ditangani lebih baik pada tahun 2019-2020. (Sekar/ Foto Rofi)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan