BPBD Bantul Adakan Latihan Dasar bagi Karyawan

Berita 0

Wilayah Kabupaten Bantul   memiliki kondisi geografis, geologis, hidrologis, dan demografis yang   memungkinkan terjadinya potensi bencana. Ada  sembilan macam potensi bencana yang mengancam kabupaten Bantul.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul merupakan Badan yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kententraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat sub urusan bencana dan sub urusan kebakaran berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 5 tahun 2021 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Bantul.

Oleh karena itu dakan rangka menunjang ketugasan tersebut diperlukan adanya pelatihan dasar mental dan disiplin kesatuan, agar dalam menjalankan stiap tugas kemanusiaan karyawan BPBD Kabupaten Bantul memiliki loyalitas dan integritas serta mampu dan tangguh dalam setiap kegiatan penanggulangan bencana.

Sehubungan dengan itu BPBD Bantul mengadakan Pelatihan Dasar (Latsar ) dilakukan dari Hari Senin, 25  Juli 2022  –  Jum’at 29 Juli 2022.

Sedangkan temanya adalah “Dengan Latihan Dasar Mental dan Disiplin Kesatuan Kita Tingkatkan Profesionalitas, Disiplin, Dedikasi, Loyalitas, dan Integritas  Aparat BPBD Kabupaten Bantul” dengan lokasi Bukit Pangul Desa Sidomulyo Kecamatan Bambanglipuro Kab.Bantul.

Kegiatan Pelatihan dasar ini rencananya diikuti oleh karyawan  BPBD Kabupaten Bantul baik Sekretariat,Bidang I, II dan III dengan jumlah peserta ada 34 orang ditambah dengan staf BPBD kiriman dari BPBD Pasuruan sebanyak 5 orang sehingga total peserta ada 39 orang.   Sebagai pendamping dan pelatih Latsar dari Group 2 KOPASSUS  Kartosuro , Unsur BPBD Bantul, PMI, Kodim Bantul, wartawan dan Pecinta Satwa Bantul

Materi dalam Latsar meliputi :

  • Survival di alam terbuka
  • Pelatihan Disiplin Mental dan Kesatuan
  • Pelatihan Wawasan Kebangsaan
  • Pelatihan PPGD Dasar

    peserta latsar

  • Pelatihan tentang penanggulangan bahaya Kebakaran
  • Pelatihan Tali Temali
  • Pelatihan Kode etik jurnalistik bencana

Pada akhir Latsar dilakukan pembaretan pada para peserta dan semua peserta dinyatakan lulus dan layak.

author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan