Bulan Juni 2022, Bantul Alami 6 Kejadian Kebakaran

Berita 0

bpbd.bantulkab.go.id – Bulan Juni 2022, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul menangani enam kejadian kebakaran, yang tersebar di enam kapanewon, yaitu Kapenewon Banguntapan, Jetis, Kasihan, Pandak, Sanden dan Sewon. Kejadian kebakaran pada bulan Juni meningkat, apabila dibandingkan dengan bulan Mei, yang hanya 5 kejadian kebakaran saja. Akibat kejadian kebakaran pada bulan Juni 2022 tersebut, nilai estimasi kerusakan mencapai lebih dari Rp 230.000.000,00.

Selain kejadian kebakaran, pada bulan Juni 2022, terdapat kejadian kebencanaan lainnya yaitu 2 kali kejadian angin kencang dengan 32 dampak (meliputi Rumah, Tempat Usaha, Kandang, Jaringan Listrik dan akses jalan), 12 kejadian gerakan tanah, dan 9 kejadian pohon tumbang. Dari 17 Kapanewon di wilayah Kabupaten Bantul, Kapanewon Imogiri merupakan wilayah dengan kejadian terbanyak, yakni 8 jenis kejadian kebencanaan.

Secara keselurahan, kejadian kebencanaan di Kabupaten Bantul mencapai 61 kejadian, dengan total taksiran kerusakan akibat kejadian kebencanaan pada bulan Juni 2022 mencapai Rp 307.950.000,00, dengan 2 orang mengalami luka ringan.

Meskipun kejadian kebencanaan yang berasal dari faktor hidrometeorologi cenderung menurun, namun mengacu pada analisa kondisi dinamika atmosfer – laut yang diterbitkan BMKG Klimatologi Yogyakarta pada tanggal 30 Juni 2022, potensi penambahan curah hujan pada musim kemarau masih berada pada kriteria curah hujan rendah hingga menengah, dengan sifat hujan Atas Normal.

Mari, Tetap Waspada akan bahaya kebakaran dan perubahan cuaca pada musim kemarau, Siap Untuk Selamat. (Aka)

author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan