Keikutsertaan Penyandang Disabiltas dalam Pengembangan Destana Desa Srihardono

bpbd.bantulkab.go.id – Kegiatan Pengembangan Desa Tangguh Bencana (Destana) kembali dilakukan di Desa Srihardono, Pundong,  pada hari Selasa  (17/9/2019). Pelaksanaan kegiatan Pengembangan Destana kali ini diikuti oleh 40 peserta perwakilan dari setiap Lembaga Kemasyarakatan Desa dengan materi yang diberikan antara lain mengenai Inklusi Disabilitas, Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak, dan Penilaian Ketangguhan serta Pembuatan Rencana Aksi Prioritas.

Inklusi disabilitas berarti menegaskan bahwa penyandang disabilitas memiliki hak-hak yang sama dengan orang pada umumnya dengan mengikutsertakan penyandang disabilitas dalam penanganan bencana. Begitu pula dengan pemberdayaan perempuan yang turut serta berperan dalam menggerakan keluarga dan masyarakat sekitar untuk turut berperan dalam sosialisasi dan mitigasi bencana.

Kegiatan kembali mengingatkan bahwa peran serta masyarakat dalam menghadapi bencana sangatlah penting. BPBD Bantul sebagai lembaga negara yang bertugas dalam  penanggulangan bencana selalu berupaya untuk mengajak dan  melaksanakan Pengembangan Destana guna mempersiapkan  masyarakat dalam kesiapsiagaan penanggulangan bencana. (Sekar/Foto Rofi)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan