Kelola Data dan Informasi, BPBD Maksimalkan Fungsi Server

Berita 0

Kelola Data dan Informasi, BPBD Maksimalkan Fungsi Serverbpbd.bantulkab.go.id – Data dan informasi dalam penanggulangan bencana, merupakan kunci pokok dalam pengambilan keputusan, serta pendukung kebijakan strategis. Untuk memaksimalkan pengelolaan data dan informasi, tentunya membutuhkan sistem yang terintegrasi dengan baik.

Kondisi inilah yang mendasari dilaksanakannya pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, Selasa (11/08/2015). Bertempat diruang rapat Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB),  diikuti oleh perwakilan personil Tim Reaksi Cepat (TRC), Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) dan Pusdalops-PB Kabupaten Bantul. Adapun materi bahasan, berkaitan dengan pengoptimalan fungsi komputer server sebagai penyimpanan data. Dengan narasumber dari Kantor Pengolahan Data Telematika (KPDT) Kabupaten Bantul

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Dewanto Dwipoyono, SSTP, menjelaskan, BPBD memiliki peralatan-peralatan yang cukup modern, namun fungsinya belum dimaksimalkan, dengan pelatihan ini, diharapkan nantinya, peralatan yang dikelola di Pusdalops Bantul, dapat mendukung kegiatan BPBD, baik pada masa pra bencana, saat bencana maupun paska bencana, jelasnya.

Perubahan dunia saat ini mengalami transformasi menuju era informasi, membuka peluang untuk melakukan akses informasi dengan cepat. Dengan pengelolaan dan pendayagunaan informasi secara luas, cepat dan akurat, maka akan mendukung penyelenggaraan penanggulangan bencana yang terencana, terpadu dan menyeluruh. (Aka)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan