Refleksi 15 Tahun Gempa Bumi 5,9 SR Tahun 2006

bpbd.bantulkab.go.id – Sabtu Wage, tepatnya 27 Mei 2006, Wilayah Bantul diguncang Gempa Bumi dengan kekuatan 5,9 SR. Masih kuat diingatan kita betapa dahsyatnya guncangan gempa tersebut. Namun, apakah ingatan tersebut hanya akan menjadi memory gelap dalam kehidupan kita ataukah menjadi sebuah peristiwa penuh makna yang menjadikan titik balik bangkitnya kesadaran masyarakat bahwa kita tinggal di daerah rawan bencana?

Melihat kondisi pada saat itu, pengetahuan masyarakat Bantul yang sangat minim dalam hal penanggulangan bencana tidak membuat masyarakat sulit bangkit dari keterpurukan, karena kearifan lokal masyarakat Bantul yang menjunjung tinggi nilai kebersamaan dan gotong royong mendorong percepatan pemulihan dari berbagai sektor.

Dalam Refleksi 15 Tahun Gempa Bumi Bantul tahun 2021, mengusung tema “Merawat Ingatan Masyarakat Dalam Mewujudkan Bantul Tangguh Bencana”. Dari tema tersebut mengandung makna, ingatan-ingatan kita tentang kejadian gempa tersebut harus di barengi dengan ingatan tentang upaya membangun ketangguhan yang sudah kita lakukan sehingga kita selamat dan bangkit hingga menjadi seperti saat ini.

Peringatan Peristiwa Gempa Bumi tahun ini, dilaksanakan di Tugu Prasasti Epicentrum Gempa Bumi  2006 di Dusun Potrobayan, Srihardono, Pundong , Bantul. Acara dikemas dalam sebuah sarasehan yang dihadiri oleh Tokoh-tokoh masyarakat, Forkopimda, Forkopimca, Kepala OPD se Kabupaten Bantul,  perwakilan kalurahan se kabupaten Bantul, FPRB dan Relawan Penanggulangan Bencana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Hadir sebagai Narasumber,  Drs. H.M. Idham Samawi (Anggota DPR RI) dan juga Bupati Bantul Tahun 1999-Th 2010, Bapak Lilik Kurniawan, S.T., M.Si (Sekretaris Utama BNPB), Bapak Joko B.Purnomo (Wakil Bupati Bantul) dan Dr.Ir. Jatmika Setiawan, MT. (Ketua Jurusan Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta.

Sebagai puncak acara sarasehan tersebut, dilakukan pemukulan kentongan dipimpin oleh Wakil Bupati Bantul sebagai tanda komitmen Kabupaten Bantul dalam mewujudkan Bantul Tangguh Bencana. (Rofi/ Foto : Arif Wintolo)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan