SMA Negeri 1 Pajangan Kenalkan Bencana Melalui MOS

Berita 0

SMA Negeri 1 Pajangan Kenalkan Bencana Melalui MOSbpbd.bantulkab.go.id – Mengenal bencana dapat dilakukan kapanpun, salah satunya melalui kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) atau sekarang lebih dikenal dengan sebutan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB). Itulah, kegiatan yang diselenggarakan SMA Negeri 1 Pajangan dalam memberikan orientasi kepada peserta didik barunya, Selasa (28/7/2015). Sebanyak 130 siswa baru, mengikuti sosialisasi penanggulangan bencana.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, selaku pemateri MOPDB, mengajak siswa untuk mengenal potensi ancaman bahaya yang berada dilingkungan sekolah pada khususnya dan wilayah Bantul pada umumnya. Melalui sesi tanya jawab, diketahui bahwa, sebagian besar siswa masih mengingat, kejadian gempa bumi 27 Mei 2006 yang terjadi di Bantul, serta apa yang perlu dilakukan saat terjadi gempa.

Memasukkan materi Penanggulangan Bencana dalam MOPDB, merupakan salah satu bentuk pengurangan risiko bencana, melalui mitigasi non struktural. Kegiatan lain yang dapat dilakukan dilingkungan pendidikan dalam mewujudkan Sekolah Aman, adalah penguatan kelembagaan dan penguatan secara struktural. Salah satu contoh yang diterapkan oleh SMA Negeri 1 Pajangan yaitu memasang jalur evakuasi dan menetapkan titik kumpul yang aman.(Aka/foto. Muryana)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan