Talkshow Mengenai Mitigasi Musim Kemarau Bersama dengan Radio Pesatuan 94,2 FM

bpbd.bantulkab.go.id – BPBD Bantul bekerjasama dengan Radio Persatuan 94,2 FM mengadakan Talkshow mengenai penanganan kekeringan di Kab. Bantul bersama dengan MRI (Masyarakat Relawan Indonesia) dan Organisasi ACT(Aksi Cepat Tanggap)  Daerah Istimewa Yogyakarta pada hari Rabu (25/09/2019). Talkshow ini membicarakan mengenai informasi kekeringan yang sedang melanda Indonesia dan Kab. Bantul pada khususnya.

Selain itu, masyarakat perlu mempunyai kesadaran mengenai pentingnya air dan kondisi wilayah yang kekurangan air. Seperti yang kita ketahui, selama ini upaya mitigasi kekeringan yang ada dilakukan masih bersifat jangka pendek. Misalnya penyaluran bantuan air bersih air ke wilayah terdampak kekeringan hanya mengatasi persoalan jangka pendek. Untuk wilayah Kab. Bantul sendiri bantuan atas permintaan dari daerah yang membutuhkan ataupun bantuan penyaluran air bersih hampir tiap hari dilakukan. Dalam beberapa waktu terakhir misalnya, kerjasama penyaluran air bersih ini dilakukan oleh BPBD Kab. Bantul  dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul, Batavia Prosperindo Finance Tbk, Alumni Bahasa Inggris Universitas Negeri Yogyakarta Lintas Angkatan, dan lain-lain.

Menurut Kepala Seksi Tanggap Darurat, Evakuasi, dan Kebakaran, perlu digunakannya manajemen bencana yang tepat untuk penanganan kekeringan yang sedang terjadi. Masyarakat wajib ikut andil dalam pengendalian dan pelestarian sumberdaya air yang dibutuhkan dengan pemanfaatan air yang efektif dan efisien.

Sedangkan upaya penanganan dalam jangka panjang selama ini, telah dilakukan imbauan- imbauan ataupun pemberian edukasi kepada masyarakat mengenai kesiapsiagaan dalam menghadapi musim kemarau. (Sekar/foto Pusdalops)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan