Tingkatkan Sinergitas dalam Penanggulangan Bencana, Kabupaten Bantul Uji SOP Bersama Penanganan Kebakaran Melalui Lokalatih dan Simulasi Kebakaran

bpbd.bantulkab.go.id – Dalam rangka peningkatan kapasitas SDM, pencegahan dan Penanggulangan bahaya kebakaran maka diadakanlah Diklat Bahaya Kebakaran selama tiga hari dimulai pada hari Senin (07/10/2019) hingga hari Rabu (09/10/2019). Selain mengenai peningkatan kapasitas SDM akan diberikan juga materi mengenai Standarisasi Prosedur Operasi (SPO) penanggulangan bahaya kebakaran terpadu. Diklat ini diadakan di Komplek II Perkantoran Pemeritah Kabupaten Bantul (Pemkab) Manding. Diklat ini diikuti berbagai instansi di Kabupaten Bantul, antara lain Dinas Kebakaran se-DIY, Satgas BPBD Kab. Bantul, Polres Bantul, Relawan, FPRB, Dinas Kesehatan, dan lain-lain.

Pada hari pertama peserta diklat mendapatkan materi Standar Prosedur Operasi (SPO), Peran Masyarakat dalam Penanggulan Bahaya Kebakaran serta Pengenalan Sarana Pra-sarana Proteksi Kebakaran Bangunan Gedung yang dibawakan oleh Kepala Dinas Damkar dan PB Kab. Purwakarta.

Sebagai penutup pada hari ketiga diadakan simulasi kebakaran yang melibatkan semua peserta dalam Diklat Bahaya Kebakaran. Diharapkan dengan diadakannya pelatihan seperti ini dapat meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap pekerjaannya dan menjadikan pribadi yang siap, tanggap tangguh, menambah ilmu mengenai bahaya dan penanggulangan bahaya bencana, serta meningkatkan kerjasama tim yang solid. (Sekar/ Foto Rizki)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan