Angin Kencang Kembali Terjang Bantul, Relawan Bersinergi Lakukan Penanganan

Berita 0

bpbd.bantulkab.go.id –  Angin kencang kembali menerjang wilayah Bantul, Sabtu (19/2/22) sore, menyebabkan puluhan pohon tumbang. Kejadian ini tersebar di 2 (dua) Kapanewon, yakni Kapanewon Bantul meliputi Kalurahan Trirenggo, Bantul dan Palbapang, serta Kapanewon Jetis meliputi Kalurahan Patalan dan Sumberagung. Berdasarkan rekap data sementara di Pusdalops PB BPBD Kabupaten Bantul, lokasi dampak akibat kejadian angin kencang ini, tersebar di 49 titik lokasi dengan sedikitnya menyebabkan 56 dampak. Satu orang mengalami luka ringan akibat kejadian ini.

Adapun rincian dampak dari kejadian angin kencang ini adalah 21 rumah mengalami rusak ringan, 9 titik menutup akses jalan, 8 titik menimpa jaringan listrik, 4 titik pada tempat usaha, 2 kendaraan mengalami kerusakan dan dampak lainnya. Merespon kejadian ini, Petugas dan Relawan bersama warga masyarakat, bergotong royong bersinergi melakukan upaya penanganan.

Kejadian angin kencang ini sendiri merupakan kejadian kali kedua, pasca BMKG mengeluarkan potensi cuaca ekstrim sejak tanggal 17 hingga 23 Februari 2022, sebelumnya, Hujan lebat yang terjadi di wilayah Kabupaten Bantul, pada Kamis, (17/2/22) sore, Selain Menyebabkan Luapan Sungai Celeng, Hujan Lebat di Bantul Timbulkan Pohon Tumbang dan Tanah Longsor.

Hingga berita ini diterbitkan, proses pendataan dan sinkronisasi data masih dilakukan, yakni dengan menetapkan Pos Aju, yang berada di lingkungan Masjid Syakirin Bakulan, Trirenggo, Bantul. Sedangkan untuk upaya penanganan dampak angin kencang untuk sementara dihentikan, dan akan dilanjutkan sesuai Rencana Operasi (Renops) yang disusun.

BPBD Kabupaten Bantul mengimbau kepada seluruh Jajaran/Relawan/Masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, serta aktif memantau wilayahnya masing-masing di wilayah Bantul.

Khususnya wilayah Kab. Bantul yang memiliki potensi ancaman angin kencang, tanah longsor dan banjir. Jika terjadi kejadian darurat yang mengancam jiwa, dapat menghubungi Call Center 112 atau (0274) 6462100. (Aka)

author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan