Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan di Bantul

Berita 0

bpbd.bantulkab.go.id – Waspada Potensi Cuaca Ekstrem sepekan ke depan (17 – 23 Februari 2022) yang berpotensi hujan sedang hingga lebat, yang dapat disertai angin kencang dan petir serta gelombang tinggi untuk wilayah Bantul, DI Yogyakarta. Potensi cuaca ekstrim tersebut, berdasarkan warning cuaca yang diterbitkan BMKG pada tanggal 16 Februari 2022.

Berdasarkan analisis dinamika atmosfer terkini, BMKG mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan ke depan di beberapa wilayah Indonesia. Kondisi tersebut dipicu oleh peningkatan aktifitas dinamika atmosfer seperti aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) yang saat ini berada pada fase 3 di sekitar Samudera Hindia dan menunjukkan kontribusi cukup signifikan terhadap pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia, kondisi tersebut juga diperkuat dengan fenomena gelombang atmosfer yaitu gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial yang cukup aktif di beberapa wilayah, adanya pola tekanan tekanan rendah yang memicu terbentuknya pumpunan dan belokan angin yang diperkuat juga dengan adanya pengaruh labilitas udara dalam skala lokal.

Mengamati potensi tersebut, BMKG memberikan peringatan dini terdapat potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang serta gelombang tinggi. Potensi HUJAN SEDANG-LEBAT diprediksi terjadi di wilayah Indonesia, salah satunya D I Yogyakarta, Bantul pada khususnya.

Sementara itu, area perairan dengan tinggi Gelombang 2.5 – 4.0 meter (Rough Sea/Gelombang Tinggi) salah satunya di wilayah Samudra Hindia selatan Banten hingga NTB.

Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (hujan lebat-sangat lebat yang dapat disertai kilat/petir, angin kencang, gelombang tinggi, dll) dan dampak terhadap bencana hidrometeorologi yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, dll.

BPBD Kabupaten Bantul mengimbau kepada seluruh Jajaran/Relawan/Masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, serta aktif memantau wilayahnya masing-masing di wilayah Bantul.

Khususnya wilayah Kab. Bantul yang memiliki potensi ancaman angin kencang, tanah longsor dan banjir.

Jika terjadi kejadian darurat yang mengancam jiwa, dapat menghubungi Call Center 112 atau (0274) 6462100. (Pusdalops BPBD Kab.Bantul)

 

author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan