Bantul Siapkan Desa Selopamioro Menjadi Desa Tangguh Bencana

bpbd.bantulkab.go.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, menyiapkan Desa Selopamioro Kecamatan Imogiri Bantul menjadi Desa Tangguh Bencana (Destana). Kegiatan ini diawali dengan tahapan sosialisasi pelaksanaan program yang dilaksanakan di Balai Desa Selopamioro, Kamis (17/3/2016). Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD DIY, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul, Camat Imogiri, Polsek Imogiri, Koramil Imogiri, Kepala Desa Selopamioro serta 30 orang peserta pendampingan Destana. Kegiatan pendampingan dan pembentukan Destana ini terselenggara atas dukungan anggaran BPBD DIY.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul Drs. Dwi Daryanto, M.Si menjelaskan, Selopamioro merupakan salah satu desa yang memiliki potensi ancaman bencana, seperti erosi sungai, tanah longsor, kekeringan dan kebakaran hutan. Dengan adanya kondisi ini, diperlukan “superhuman” atau manusia-manusia yang tangguh dalam menghadapi bencana. Untuk menghadapi bencana masyarakat harus punya daya antisipasi, daya pengurangan risiko, daya adaptasi dan daya lenting, jelasnya.

Dalam pendampingan dan pembentukan Destana, BPBD Kabupaten Bantul terlibat secara langsung, dengan menerjunkan tim yang telah melakukan pendampingan pada kegiatan-kegiatan sebelumnya. Adapun tahapan-tahapan yang akan dilakukan dalam pendampingan ini antara lain, pembuatan peta bahaya, kerentanan, risiko dan kapasitas, pembentukan Forum Pengurangan Risiko Bencana, penyusunan rencana kontinjensi serta dokumen dan kelengkapan lain yang diperlukan dalam pembentukan Destana. (aka)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan