Bupati Bantul Resmikan Desa Seloharjo Sebagai Desa Tangguh Bencana

Bupati Bantul Menyerahkan Peralatan Darurat Kebencanaanbpbd.bantulkab.go.id – Bupati Bantul Drs. H. Suharsono meresmikan Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong Bantul sebagai Desa Tangguh Bencana (Destana) Pratama, Kamis (10/3/2016). Pembentukan Destana ini merupakan program kerjasama antara BPBD DIY dengan BPBD Kabupaten Bantul.

Bupati Bantul Drs. H. Suharsono, menyampaikan, Bantul merupakan daerah rawan bencana, masyarakat perlu disiapkan dalam menghadapi bencana yang sewaktu-waktu bisa datang, jelasnya.

Peresmian Desa Seloharjo sebagai desa tangguh bencana bukan serta-merta dibentuk, namun sudah melalui beberapa proses kegiatan, mulai dari kajian, sosialisasi kebencanaan, pembuatan peta bahaya, kapasitas, risiko dan kapasitas, peta jalur evakuasi, pembentukan Forum Pengurangan Risiko Bencana, Penyusunan Rencana Kontinjensi, pelatihan teknis hingga simulasi bencana, yang dilakukan oleh BPBD DIY dan BPBD Kabupaten Bantul.

Sebelum diresmikan sebagai Desa Tangguh, disimulasikan terjadi bencana tanah longsor, di Dusun Dermojurang, Seloharjo, beberapa orang meninggal dan hilang serta belasan lainnya mengalami luka-luka, kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 300 warga.

Selain warga, turut serta dalam simulasi ini, Koramil Pundong, Polsek Pundong, Puskesmas Pundong, PMI Kabupaten Bantul, Linmas dan Relawan.

Desa Seloharjo merupakan desa ke-11 yang berhak menyandang desa tangguh bencana, dari 75 desa yang ada di Kabupaten Bantul. Setelah desa Seloharjo, pendampingan program desa tangguh bencana berikutnya ada di Desa Selopamioro Kecamatan Imogiri Bantul. (aka/foto fakih)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

One Response

  1. Bantul Siapkan Desa Selopamioro Menjadi Desa Tangguh Bencana | BPBD Kabupaten Bantul17 Maret 2016 at 20.40Reply

    […] Bantul terlibat secara langsung, dengan menerjunkan tim yang telah melakukan pendampingan pada kegiatan-kegiatan sebelumnya. Adapun tahapan-tahapan yang akan dilakukan dalam pendampingan ini antara lain, pembuatan peta […]

Tinggalkan Balasan