Belasan Orang Tersengat Ubur-ubur, Tim SAR Berikan Pertolongan

ubur-ubur berwarna biru transparanbpbd.bantulkab.go.id – Belasan pengunjung pantai Bantul tersengat ubur-ubur, Satuan Tugas (Satgas) Search and Rescue (SAR) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul berikan pertolongan pertama.

Hari ini, Selasa (19/6/18) Pos Induk SAR Pantai Parangtritis mencatat, setidaknya ada 19 (sembilan belas) orang yang tersengat ubur-ubur, kebanyakan adalah anak-anak.

Kemunculan ubur-ubur sendiri, sudah terdeteksi sejak minggu pertama bulan Juni, untuk mengantisipasi hal tersebut, BPBD telah menyiagakan lebih dari seratus personil untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung Pantai Bantul.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul, Drs. Dwi Daryanto, MSi, menjelaskan, kebanyakan kasus sengatan ubur-ubur karena ketidakpahaman, biasanya anak-anak dengan sengaja memegang ubur-ubur, karena dianggap mainan.

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Selatan, Bantul, diharapkan lebih berhati-hati, tidak menyentuh apalagi bermain dengan hewan yang menyerupai gelembung berwarna biru transparan, jelasnya.

Tidak perlu takut, namun mewaspadai keberadaannya.

Jika tersengat, segera menghubungi petugas dari Puskesmas yang berjaga atau menuju pos SAR terdekat, tambahnya. (aka/foto Inu)

author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan