Berita Harian Kebakaran Terbaru Hari Ini: Waspadai Sebab Korsleting Listrik

bpbd.bantulkab.go.id – Selama tiga minggu terakhir di bulan Agustus, tercatat ada tujuh kejadian kebakaran yang ditangani oleh Damkar Bantul. Kebakaran ini terjadi karena beberapa sebab, diantaranya korsleting listrik, kelalaian membakaran sampah, dan sebab yang tidak diketahui. Peristiwa akibat korsleting listrik terjadi dibeberapa wilayah, seperti di Kalangan Baturetno, Dlingo, dan Tirtonirmolo, kelalaian membakar sampah terjadi di Banguntapan serta tidak diketahui penyebabnya di Pleret dan Sewon.

Total kerugian yang dialami dalam peristiwa kebakaran ini beragam hingga ada yang mencapai 3,5 milliar rupiah mengingat ada gudang mebel, kendaraan berupa mobil dan motor yang ikut terbakar. Peristiwa ini pun hingga menerjunkan 7 armada mobil pemadam dari Damkar Bantul, Damkar Kota, Pemadam UGM dan pemadam dari Madukismo. Adapula kelalaian seorang warga yang sudah diingatkan untuk tidak membakar sampah di lahan tersebut tapi tidak mengindahkan peringatan dan meninggalkannya untuk pergi sebentar. Akibatnya api membersar dan membakar lahan.

Peristiwa kebakaran yang terjadi akhir-akhir ini, BPBD Kab. Bantul mengimbau kembali kepada seluruh masyarakat agar selalu berhati-hati terhadap musibah kebakaran. Masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dalam mengurangi penyebab kebakaran, seperti korsleting listrik dan juga membakar sampah tanpa di awasi. Cek kembali instalasi listrik rumah anda, pastikan kompor tidak menyala saat anda meninggalkan rumah. Selain itu, cek juga peringatan dini peningkatan kecepatan angin yang di keluarkan @staklim_jogja agar menjadi perhatian seluruh masyarakat untuk mengurangi dampak yang terjadi baik cuaca ekstrim maupun meluasnya kebakaran sampah tanpa terkendali.(Sekar / foto Pusdalops)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan