Desa Srimartani Gelar Simulasi Bencana Tanah Longsor

Relawan melakukan evakuasi warga korban bencana Tanah Longsorbpbd.bantulkab.go.id – Pemerintah Desa Srimartani Kecamatan Piyungan Bantul dan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Desa Srimartani, menggelar simulasi bencana tanah longsor, Minggu (7/2/2016). Kegiatan ini dilaksanakan secara mandiri, yaitu dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), serta secara parsitipatif yaitu melibatkan 400 warga masyarakat desa Srimartani.

Disimulasikan, terjadi tanah longsor di dusun Bulusari dan Sanansari, desa Srimartani, kejadian bencana ini mengakibatkan ratusan warga mengungsi, puluhan warga mengalami luka dan belasan orang meninggal dunia. Merespon kejadian tersebut, puluhan relawan dikerahkan untuk melakukan pencarian, pertolongan serta membuka pengungian dan memberikan pelayanan dapur umum. Simulasi berakhir, setelah semua korban berhasil ditangani.

Disela-sela pelaksanaan simulasi, Ketua FPRB Kecamatan Piyungan Amad Yani, menjelaskan, kegiatan simulasi ini dalam rangka mensiap siagakan warga dan FPRB maupun relawan secara umum, dimana di Srimartani, banyak warga yang tinggal di lereng-lereng, yang mana wilayah tersebut berpotensi longsor, setiap tahun pasti terjadi longsor, sehingga dengan adanya simulasi, masyarakat terbiasa dan selalu siap siaga menghadapi kejadian tersebut, jelasnya.

Dalam simulasi ini, pos lapangan berada di SD Sanansari,  selain warga, terlibat dalam kegiatan ini, Pemerintah Desa Srimartani, FPRB Srimartani, Koramil Piyungan, Polsek Piyungan, Kecamatan Piyungan, RAPI Piyungan, Puskesmas Piyungan, Linmas desa dan BPBD Kabupaten Bantul.(aka/foto fatah)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan