Fakultas Geografi UGM dan Universitas Nagoya Jepang Teliti Ketangguhan Masyarakat Bantul Hadapi Bencana

Berita 0

Fakultas Geografi UGM dan Universitas Nagoya Jepang Teliti Ketangguhan Masyarakat Bantul Hadapi Bencanabpbd.bantulkab.go.id – Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerjasama dengan Universitas Nagoya Jepang melakukan penelitian di Kabupaten Bantul, Rabu (13/1/2016). Secara khusus, kegiatan penelitian ini untuk melihat secara langsung ketangguhan yang dimiliki masyarakat Bantul dalam menghadapi bencana.

Profesor Makoto Takahashi (Department of Geography, Nagoya University, Japan), sekaligus penyusun buku orang orang yang bertahan dari tsunami mengutarakan ketertarikannya dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, khususnya pada kegiatan pendampingan dan pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana).

Desa atau kelurahan tangguh bencana adalah desa/kelurahan yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi ancaman bencana, serta memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang merugikan, jika terkena bencana.

Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan kunjungan lapangan ke Desa Tangguh Bencana (Destana) Wukirsari, untuk melihat lebih dekat kegiatan masyarakat dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) desa Wukirsari Imogiri. (Aka/foto Centa)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan