Kalurahan Tirtosasi Dikukuhkan Menjadi Kalurahan Tangguh Bencana

bpbd.bantulkab.go.id –    Kalurahan Tirtosari, Kapanewon Kretek, pada hari Rabu, 15 September 2021 resmi dikukuhkan oleh Kepala Pelaksana BPBD DIY, Drs. Biworo Yuswantana, M.Si sebagai Kalurahan Tangguh Bencana.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Bantul, Penewu Kretek, Kapolsek Kretek, Danramil Kretek dan Kepala Puskesmas Kretek.

Untuk dapat dikukuhkan sebagai Kalurahan Tangguh Bencana tersebut, Kalurahan Tirtosari telah menjalani proses sesuai panduan pembentukan Kalurahan Tangguh Bencana, mulai dari Analisa Ancaman, Kerentanan, Kapasitas dan Risiko yang dilaksanakan secara partisipatif, sebagai dasar penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana dan Rencana Kontingensi.

Dari Rencana Kontingensi yang telah disusun, TIM Siaga melakukan uji dokumen dengan metode gladi posko.

Sumber Daya Manusia yang terlibat dalam rangkaian kegiatan tersebut adalah perwakilan lembaga-lembaga Kalurahan yang tergabung dalam Forum Pengurangan Risiko Bencana Kalurahan Tirtosari. Fasilitator dalam kegiatan ini adalah Fasilitator dari BPBD Kabupaten Bantul.
Dengan dibentuknya Kalurahan Tangguh Bencana, diharapkan mampu menjadi Kalurahan yang tangguh dalam menghadapi ancaman bencana di wilayahnya. (Rofi/Foto: Wawan)

            

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan