Muslim Aid Gandeng BPBD Latih Relawan FPRB Desa

Foto Bersama dengan Relawan Desa Sitimulyobpbd.bantulkab.go.id – Muslim Aid Indonesia Yogyakarta menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul dalam pelaksanaan program “Penguatan dan Peningkatan Ketangguhan Masyarakat melalui Pengurangan Risiko Bencana dan integrasi Adaptasi Perubahan Iklim di Indonesia” khususnya untuk wilayah Kabupaten Bantul. Kegiatan yang dimulai hari ini, Senin (21/3/2016) di Desa Sitimulyo Kecamatan Piyungan, melibatkan 30 (tiga puluh) orang anggota Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Desa Sitimulyo.

Selain di Sitimulyo kegiatan serupa juga akan dilaksanakan di 2 (dua) desa lain, yakni di Desa Tirtohargo Kecamatan Kretek dan Desa Karangtengah Kecamatan Imogiri. Kegiatan dimasing-masing desa, akan dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dengan waktu pelaksanaan yang berbeda-beda

Adapun tujuan Pelatihan Penanggulangan Bencana (PB) ini adalah untuk memberikan kesamaan pemahaman dan kerangka berpikir yang sebangun dalam penanggulangan bencana, khususnya kepada anggota masyarakat yang tergabung dalam FPRB Desa, sehingga nantinya dapat berkontribusi dalam pencapaian tujuan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) dan meningkatnya ketahanan masyarakat terhadap bencana.

Muslim Aid Indonesia Yogyakarta merupakan salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang aktif dalam kegiatan penanggulangan bencana. Selain bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Bantul, kegiatan ini juga melibatkan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bantul sebagai narasumber, yaitu dalam sesi pelatihan Pertolongan Pertama pada Gawat Darurat (PPGD).(aka/foto yosi)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

One Response

  1. Muslim Aid Perkuat Destana Tirtohargo Hadapi Perubahan Iklim | BPBD Kabupaten Bantul23 Maret 2016 at 20.28Reply

    […] serupa juga telah dilaksanakan di Desa Sitimulyo Kecamatan Piyungan, serta diagendakan untuk Desa Karangtengah Kecamatan Imogiri pada Senin depan. […]

Tinggalkan Balasan