Puluhan Siswa SMAN 1 Bantul Ikuti Sosialisasi Sekolah Aman dari Bencana

Berita 0

Puluhan Siswa SMAN 1 Bantul Ikuti Sosialisasi Sekolah Aman dari BencanaBantul – Sebanyak 48 siswa SMAN 1 Bantul mengikuti sosialisasi sekolah aman dari bencana, Sabtu (28/3/2015). Bertempat di ruang serba guna SMAN 1 Bantul puluhan siswa mendengarkan penyuluhan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul. Selain dari BPBD,  siswa juga mendapatkan materi tentang kesehatan reproduksi dan sanitasi lingkungan dari Puskesmas Bantul. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan dan menambah pengetahuan siswa dalam mengikuti lomba sekolah sehat tingkat nasional tahun 2015.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul Drs. Dwi Daryanto, M.Si, selaku pembicara menjelaskan, sekolah aman dari bencana adalah sekolah yang mampu menerapkan standar sarana prasarana, serta budaya sadar bencana yang mampu melindungi warga sekolah dan lingkungannya dari bencana. Ketika dibutuhkan, sekolah dapat menjadi tempat koordinasi darurat dan pemulihan masyarakat disekitarnya, setelah terjadi bencana, jelasnya.

Ketika ditanya “apakah masih ingat dengan kejadian bencana gempa bumi 27 Mei 2006 yang melanda Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah”, beberapa peserta sosialisai menjawab, “ingat, namun samar-samar, karena waktu itu masih kelas 2 Sekolah Dasar (SD)”.

Berdasarkan Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Nomor 04 Tahun 2012 Tentang Pedoman Penerapan Sekolah / Madrasah Aman Dari Bencana, Sekolah/madrasah aman dari bencana adalah sekolah/madrasah yang menerapkan standar sarana dan prasarana serta budaya yang mampu melindungi warga sekolah dan lingkungan di sekitarnya dari bahaya bencana.

Budaya sadar bencana perlu diwariskan dan dipupuk sedini mungkin, sebagai wujud pengurangan risiko bencana. (Aka)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan