Tingkatkan Kapasitas Relawan Desa Sebagai Garda Depan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19

Berita 0

Demonstrasi penggunaan Alat Perlindungan Diri

bpbd.bantulkab.go.d – Angka pasien Covid-19 terus meningkat, kerjasama semua pihak dan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan menjadi kunci dalam pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19. Kabupaten Bantul memiliki 75 Desa yang telah memiliki Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19). Sesuai Keputusan Bupati Bantul Nomor 531 Tahun 2020 tentang Pembentukan Satuan Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-10) Kabupaten Bantul, bahwa secara umum ketugasan di tingkat desa antara lain Pencegahan, Penanganan Kesehatan dan jenazah serta Pemulian ekonomi. Selain hal tersebut diatas, dalam Peraturan Bupati Nomor 117 tahun 2020 tentang Perubahan Peraturan Bupati Nomor 79 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru Protokol Kesehatan Pencegahan Corona Virus Disease 2019, Satgas Desa memiliki peran dalam upaya penegakan atau mengontrol terselenggaranya protokol kesehatan baik individu maupun masyarakat.

Merujuk pada peran Satgas Desa diatas, BPBD memfasilitasi kegiatan Pelatihan yang mendukung peran Satgas Desa dalam  Pencegahan Penyebaran Covid-19 yaitu pelatihan penggunaan Alat Perlindungan Diri (APD) sesuai Pedoman Kementrian Kesehatan RI yang sampaikan oleh Narasumber dari BPBD Bantul dan Sosialisasi tentang penegakan Peraturan Bupati yang disampaikan langsung oleh Narasumber dari SATPOLPP, selain itu, BPBD juga menyerahkan Paket APD dan Perlengkapan lain yang menunjang ketugasan Satgas Desa dalam Penanganan Covid-19 bagi masing-masing Desa.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sejak tanggal 19 November hingga tanggal 1 Desember 2020 untuk 75 Desa dengan peserta 15 Relawan masing-masing desa, sehingga melalui kegiatan ini ada 1125 Relawan yang telah mendapatkan peningkatan kapasitas baik pengetahuan maupun ketrampilannya.  (Rofi/ Foto : M. Fatah)

Paparan tentang Peraturan Bupati Nomor 117 tentang Perubahan Peraturan Bupati Nomor 79 Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru Protokol Kesehatan Pencegahan Corona Virus Disease 2019 oleh SATPOLPP

Penyerahan Paket Alat Perlindungan Diri Petugas dan perlengkapan penunjang ketugasan Satgas Desa dalam penanganan Covid-19

author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan