Muslim Aid Tingkatkan Ketangguhan Masyarakat melalui PRB dan Adaptasi Perubahan Iklim

Muslim Aid Tingkatkan Ketangguhan Masyarakat melalui PRB dan Adaptasi Perubahan Iklimbpbd.bantulkab.go.id – Penguatan dan peningkatan ketangguhan masyarakat melalui Pengurangan Risiko Bencana (PRB) dan integrasi adaptasi perubahan iklim dapat dilakukan oleh semua pihak, baik dari pemerintah, swasta maupun masyarakat.

Salah satunya kegiatan yang dilaksanakan oleh Muslim Aid  di Dusun Banyakan 2 Sitimulyo Piyungan, bertempat dirumah kepala dusun, sebanyak 20 orang terlibat dalam sosialisasi dan diskusi grup terfokus, Rabu (16/12/2015).

Selain di Dusun Banyakan 2, kegiatan serupa juga dilaksanakan di Dusun Baros Tirtohargo Kretek serta Dusun Karangrejek dan Dusun Mojolegi Karangtengah Imogiri. Adapun kegiatan ini telah dimulai sejak Oktober 2015 dan direncanakan sampai Agustus 2016.

Kegiatan penguatan dan peningkatan ketangguhan masyarakat melalui PRB dan integrasi adaptasi perubahan iklim, akan memfokuskan pada kegiatan masyarakat dusun dan sekolah yang berada didaerah-daerah tersebut, dengan melibatkan unsur pemerintah desa, Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB), Karangtaruna, Dasawisma dan PKK.

Dengan adanya pendampingan ini, diharapkan nantinya desa dan sekolah yang didampingi dapat meningkat kapasitasnya, dengan target utama menjadi Desa Tangguh Bencana dan Sekolah Siaga Bencana.

Muslim Aid sendiri merupakan salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang masih aktif memberikan pendampingan dan penguatan kapasitas di Kabupaten Bantul.

Sebagai unsur pemerintah daerah yang bertugas menyelenggarakan kegiatan penanggulangan bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul mengapresiasi dan akan mendukung kegiatan semacam ini. (Aka/foto Drajat)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan