Rancang Standar Pelayanan Minimal Penanggulangan Kebakaran, BPBD Kabupaten Bantul Kunjungan Kerja Ke Cilacap dan Kebumen

Berita 0

Rancang Standar Pelayanan Minimal Penanggulangan Kebakaran, BPBD Kabupaten Bantul Kunjungan Kerja Ke Cilacap dan KebumenBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul kunjungan kerja ke BPBD Kabupaten Cilacap dan BPBD Kabupaten Kebumen, Senin (23/06/2014). Kunjungan kerja yang dilaksanakan secara maraton dari BPBD Kabupaten Kebumen dilanjutkan ke BPBD Kabupaten Cilacap bertujuan untuk belajar tentang pelayanan penanggulangan bencana yang sudah dilakukan oleh Kebumen dan Cilacap.

Kabupaten Bantul, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Cilacap secara umum memiliki karakteristik kebencanaan yang sama, dan secara khusus berhadapan langsung dengan Samudera Hindia/Indonesia yang memiliki potensi ancaman Tsunami.

Di Kebumen, rombongan BPBD Kabupaten Bantul diterima secara langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kebumen dr. HA Dwi Budi Satrio, M.Kes, beliau menjelaskan, “BPBD Kabupaten Kebumen menargetkan di tahun 2015 dapat memenuhi standar pelayanan minimal wilayah menejemen kebakaran, selain itu Kebumen juga memprioritaskan pengembangan sumber daya manusia, beliau menganalogikan bahwa untuk memenangkan sebuah kompetisi tidak mutlak bergantung kepada ketersediaan peralatan saja, namun manusianya lah yang harus dikuatkan terlebih dahulu”, jelasnya.

Sementara di Cilacap, rombongan kunjungan kerja BPBD Kabupaten Bantul, diterima oleh Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Cilacap Suparno diruang rapat BPBD Cilacap.

Rancang Standar Pelayanan Minimal Penanggulangan Kebakaran, BPBD Kabupaten Bantul Kunjungan Kerja Ke Cilacap dan Kebumen

Dalam acara diskusi, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Cilacap Suparno menjelaskan, “BPBD Cilacap menerima dengan baik kunjungan kerja yang dilakukan oleh Bantul, kami berencana melakukan kunjungan ke Bantul, namun ternyata sudah didahului Bantul dengan berkunjung ke Cilacap, beliau memaparkan bahwa BPBD Kabupaten Cilacap sudah memiliki 4 (empat) Unit Pelaksana Teknis Penanggulangan Bahaya Kebakaran (UPT PBK) yang berada di Cilacap, Kroya, Sidareja dan Majenang, karena BPBD sudah tipe A. Cilacap juga sudah memiliki beberapa produk hukum terkait dengan penanggulangan bencana, kami juga menjalin kerja sama dengan pemilik gedung bertingkat sebagai tempat evakuasi sementara jika terjadi Tsunami”, jelasnya.

Kabupaten Bantul, Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Kebumen serta beberapa kabupaten lain di selatan Jawa telah menjalin hubungan yang baik, hal ini terealisasi dengan adanya jaringan komunikasi SAR selatan-selatan Jawa, dalam rangka percepatan komunikasi khususnya dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman bahaya Tsunami.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan