Road to HUT Pemadam Kebakaran ke-97, Pemadam Bantul Selalu Siaga 24 Jam

Sekilas Berita 0

Kebakaran Bisa Terjadi Kapan Saja, Pemadam Bantul Selalu Siaga 24 Jambpbd.bantulkab.go.id – Dengan semboyan “Pantang Pulang Sebelum Api Padam Walaupun Nyawa Taruhannya” , inilah pegangan yang selalu diamalkan oleh setiap anggota Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) atau lebih dikenal dengan panggilan pemadam kebakaran, dalam upaya perlindungan dan penyelamatan terhadap masyarakat dan asset nasional/daerah dari bahaya kebakaran.

Menyadari besarnya tanggung jawab, yang diamanahkan kepada setiap personil pemadam kebakaran, anggota PBK Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul menggelar pelatihan peningkatan kapasitas, Selasa (23/2/2016). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penyegaran materi dan salah satu usaha dalam menyiagakan personil dan peralatan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul Drs. Dwi Daryanto, MSi, selalu mengingatkan, “kebakaran bisa terjadi kapan saja, dimana saja dan menimpa siapa saja, untuk itulah petugas pemadam kebakaran harus selalu siap siaga 24 jam”.

Berdasarkan plakat tanda penghargaan dari Masyarakat Betawi terhadap Brandweer Batavia tertanggal 1 Maret 1919, atas jasa besar melakukan pemadaman kebakaran di Perkampungan Melayu, tepatnya di Pasar Mester Jatinegara dan Kampung Melayu Batavia sekarang disebut Jakarta (pada plakat tanda penghargaan tersebut tertulis Hari Ulang Tahun yang ke-10). Atas dasar plakat Pemadam Kebakaran tanda penghargaan tersebut, selanjutnya mulai tanggal 1 Maret 1919 diperingati sebagai Hari Lahir Pemadam Kebakaran yang selanjutnya menjadi Hari Pemadam Kebakaran.

Adapun tema Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran ke-97 Tahun 2016 “Profesionalitas Damkar Hadir memberikan Pelayanan Pencegahan , Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan Sebagai Perwujudan Butir Pertama Nawa Cita” . (aka/foto centa)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan