Belajar Diluar Kelas, SD Al-Amin Bangunharjo Mengenal Pemadam Kebakaran


Belajar Diluar Kelas, SD Al-Amin Bangunharjo Mengenal Pemadam Kebakaranbpbd.bantulkab.go.id
– Saat ini, Pembelajaran tidak hanya dilaksanakan didalam kelas saja, tetapi dapat berlangsung di luar kelas. Proses pembelajaran seperti ini, dapat mengembangkan dan membangun suasana belajar yang menyenangkan dan menantang, serta memotivasi siswa. Dimana siswa tidak hanya berinteraksi dengan satu sumber belajar saja tetapi bisa belajar dari pengalaman dan interaksinya dengan lingkungan yang dikunjungi. Mengadakan kegiatan belajar diluar kelas, mengunjungi obyek lain diluar sekolah merupakan hal yang sangat tepat mewujudkan hal itu.

Kegiatan inilah yang dilaksanakan SD Al Amin Bangunharjo, Kecamatan Sewon, di Pos Induk Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Damkar BPBD) Kabupaten Bantul, Kamis (21/4/2016). Sebanyak 64 siswa dan didampingi 4 orang guru, belajar mengenal profesi pemadam kebakaran. Dalam kegiatan ini, siswa dan guru mendapatkan pengetahuan tentang tugas pemadam kebakaran, penyebab kebakaran, cara penanganan serta cara pencegahan kebakaran.

Selain mendapatkan pengenalan secara teori, siswa juga diajak untuk melakukan pemadaman api, dengan tetap didampingi oleh petugas terlatih. Dengan pengalaman ini, diharapkan nantinya siswa lebih paham dan percaya diri.

Dalam rangkaian kegiatan yang sama, puluhan siswa SD Al Amin, juga mendapatkan pengalaman untuk menaiki perahu karet milik BPBD Kabupaten Bantul, yang biasa digunakan untuk kegiatan penyelamatan. (aka/foto toro)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan